Inilah 5 Teknik Dasar Scratching Sebagai Langkah Awal Belajar DJ



Seperti yang kita ketahui, ada banyak aliran jenis musik di Indonesia yang bisa Anda nikmati. Mulai dari jenis musik tradisional daerah, pop, jaz, dangdut dan sebagainya. Tentunya setiap jenis musik mempunyai penikmatnya masing-masing. Berbicara tentang musik, ada satu jenis alat musik yang sedang hits banget nih terutama di kalangan anak muda.
Coba tebak, jenis musik apakah itu?. Ya. Benar sekali, musik DJ. Musik DJ merupakan salah satu jenis genre musik yang ramai diperbincangkan saat ini. Sudah banyak kalangan anak muda yang mulai penasaran tentang cara belajar DJ yang baik dan benar agar mendapatkan kualitas DJ yang maksimal.
Bagi Anda yang juga ingin menjadi seorang DJ professional, simak baik-baik ya 5 teknik scratching ini sebagai langkah awal belajar DJ.

1. Mencari Sample Rekaman Untuk Berlatih

Sebagai langkah awal belajar DJ pada teknik scratching, Anda perlu menemukan sample rekaman yang bisa digunakan dalam pengolahan ke dalam irama musik DJ. Anda bisa mengambilnya dari berbagai jenis musik sesuai selera.
Dengarkan beberapa rekaman tersebut sambil berfikir untuk mencari moment singkat yang bisa Anda gunakan sebagai lagu Anda sendiri. Biasanya patokan irama pada track Hip-hop diambil pada break-beat yang menjadi momen saat seluruh alat musik berhenti dan hanya drum saja yang masih terdengar dimainkan.

Sedangkan untuk track instrumentalnya biasanya digunakan untuk alur melodi yang benar yang nantinya akan disatukan dengan irama break-beat tadi. Dengarkan rekaman dengan penuh perhatian lalu hentikan pada bagian musik yang Anda rasa bisa digunakan untuk DJ. Kemudian putar kembali rekaman tersebut dan coba temukan moment terbaik yang pas ketika suara tersebut dimulai.

2.       2. Tandai Pada Irama Untuk Memberikan Petunjuk Visual

Dalam memberikan pertanda pada bagian irama yang akan digunakan Anda bisa menggunakan berbagai cara, sebut saja dengan menggunakan sebuah stiker. Anda bisa menempelkan stiker bulat pada bagian sebelah titik irama dengan posisi yang lebih ke depan dari bagian sample. Ini digunakan untuk memberikan pertanda petunjuk visual ketika akan memulai sebuah sample dan hendak mendorong stylish kembali pada sample tersebut.

3.       3. Menghentikan Irama Dengan Menggunakan Ujung Jari

Setelah suara berhenti dimainkan, kemudian putar kembali rekaman tersebut dengan cara berbalik dan dalam tingkat kecepatan yang sama pada saat diputar normal. Suara ini akan terdengar seperti Anda sedang menekan tombol putar balik atau reverse pada turntumble serta suara scratch klasik yang diperoleh dari melodi diam mirip suara terompet atau efek suara panjang lainnya dengan memutar piringan tersebut berulang kali pada titik suara agar menghasilkan suara track yang unik dan keren.

4.       4. Mencari Irama yang Pas Pada Rekaman
Untuk melakukan teknik scratching yang benar dalam tahap awal belajar DJ, Anda harus pandai memasang sample dan memanipulasi rekaman yang telah dipilih serta carilah irama yang pas untuk dikembangkan ke dalam musik DJ tersebut. Cari irama pada bagian musik yang Anda sukai terutama untuk jenis lagu soul serta R&B. Sebab lagu soul dan R&B tersebut biasanya mempunyai break-beat yang mudah untuk dikembangkan ke irama musik DJ.

5.       5. Mendorong Rekaman Hingga Melewati Sample

Langkah yang terakhir adalah dengan mendorong rekaman hingga melewati sample musik tersebut. Anda bisa melakukannya seperti pada saat memutar vinyl dengan cara terbalik yang kemudian ditarik dengan kecepatan sama. Dimulai dengan ketukan beat yang pelan kemudian percepat saat akan memainkan lagu Anda. Jangan lupa untuk memberikan variasi ritme dengan cara memberi jeda ketukan yang telah Anda kembangkan.

Mudah dan simple bukan teknik dasar scratching sebagai pemula belajar DJ ini? Untuk lebih meyakinkan pengetahuan, Anda bisa langsung praktikan sendiri di rumah atau pada tempat kursus tertentu bermain musik DJ. Sekarang tidak bingung lagi ya bagaimana belajar menjadi seorang DJ yang hebat. Pastinya didukung dengan niat yang tidak setengah-setengah dan semangat yang menggelora.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Martin Garrix Menang atas Label Spinnin 'Records dan Music All Stars di Landmark Lawsuit

Bicara Nyata Tentang Kebiasaan Party Kami Ingin Kita Bisa Pecah